Jaman Kelembutan dan Kesabaran


JAMAN KELEMBUTAN DAN KESABARAN

Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah berkata:

وينصح الإخوان ولكن بالرفق، بالكلام الطيب، لا بالتعدي على الناس، ولا بضربهم ولا بشتمهم ولعنهم، ولكن بالكلام الطيب والأسلوب الحسن، قال الله جل وعلا: ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ[1]، وقال تعالى: فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ[2]، وقال الله لموسى وهارون لما بعثهما إلى فرعون: فَقُولا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى[3]، وقال النبي صلى الله عليه وسلم: ((إن الرفق لا يكون في شيء إلا زانه ولا ينزع من شيء إلا شأنه)) ولاسيما في هذا العصر، هذا العصر عصر الرفق والصبر والحكمة، وليس عصر الشدة، الناس أكثرهم في جهل، في غفلة وإيثار للدنيا، فلا بد من الصبر، ولا بد من الرفق حتى تصل الدعوة، وحتى يبلغ الناس وحتى يعلموا، ونسأل الله للجميع الهداية

"Dan hendaknya ia menasihati saudaranya, akan tetapi dengan kelembutan dan perkataan yang baik. Bukan dengan cara konfrontasi dengan manusia, memukul, mencaci, dan melaknat mereka. Akan tetapi dengan perkataan yang baik dan cara-cara yang bijaksana.

Allah 'azza wa jalla berfirman: "Dan serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah serta pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik pula” (QS An Nahl : 125).

Allah ta'ala berfirman : " ”Karena disebabkan oleh rahmat Tuhanmulah engkau bersikap lemah lembut terhadap mereka. Seandainya engkau bersikap keras mka niscaya mereka akan lari darimu” (QS Ali Imran : 159).

Allah juga pernah berfirman kepada Muusaa dan Haaruun saat mengutus mereka mendakwahi Fir'aun : "Dan sampaikanlah kepadanya perkataan yang lemah lembut, barangkali ia mau sadar ataupun takut” (QS Thaha : 44).

Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda : "Sesungguhnya tidaklah kelembutan ada pada sesuatu kecuali akan menghiasinya, dan tidaklah ia tercabut dari sesuatu kecuali akan memperburuknya"

Dan lebih khusus pada jaman ini. Jaman ini adalah jaman kelembutan, kesabaran, dan hikmah. Jaman ini bukan jaman kekerasan. Kebanyakan manusia (sekarang ini) berada dalam kebodohan, kelalaian, dan mengutamakan dunia.

Maka hendaklah seseorang berada dalam kesabaran dan kelembutan hingga dakwah sampai kepada manusia dan mereka mengetahuinya. Kami memohon kepada Allah hidayah bagi semua orang...."

[Diambil dari : http://www.binbaz.org.sa/mat/2020/print]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar