Obat untuk ghulat tabdi' wa tajrih



Nasehat syeikh abdul aziz arrojihi hafidzhullah
tentang para fanatis syeikh robi' al madkholi hafidzhullah dan jarh wa ta'dil.
(Obat untuk ghulat tabdi' wa tajrih)
ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻌﻼّﻣﺔ ﻋﺒﺪﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺍﻟﺮﺍﺟﺤﻲ - ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ - ﻳُﺤﺬِّﺭ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻌﺼﺐ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ..
ﻭﻳﻘﻮﻝ : ﻫﺆﻻﺀ ﺟﻌﻠﻮﺍ ﻣﻦ ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ﺭﺳﻮﻻ !!؟ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻹﻣﺘﺤﺎﻥ ﺑﻪ !
Fadhilatusyeikh al-allamah abdul aziz arrojihi mentahdzir dari kefanatikan pada syeikh robi' al madkholi hafidzahullah, beliau berkata : mereka (para fanatis syeikh robi') menjadikan syeikh robi' sebagai seorang rosul !!? Tidak boleh menguji manusia dengannya
ﻭﻗﺎﻝ - ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ - :(( ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺇﺫﺍ ﻭُﺿﻊ ﻓﻲ ﻗﺒﺮﻩ ﻳﺴﺄﻝ ﻋﻦ ﺭﺑﻪ ﻭ ﻋﻦ ﻧﺒﻴﻪ ﻭ ﻋﻦ ﺩﻳﻨﻪ ، ﻻ ﻳﺴﺄﻝ ﻋﻦ ﻓﻼﻥ ﻭ ﻻ ﻋﻦ ﻓﻼﻥ ، ﻫﺬﺍ ﻏﻠﻂ ﻣﻨﻬﻢ ، ﻭ ﻗﻮﻟﻬﻢ : ﺇﻥ ﺭﺑﻴﻊ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ ﻭ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻘﻴﻦ ﻛﻞ ﻳﺄﺧﺬ ﻣﻨﻬﻢ ، ﻫﺬﺍ ﻏﻠﻂ ﻣﻨﻬﻢ .))
Beliau berkata ((manusia jika sudah di masukkan kubur ditanya tentang tuhannya, nabinya, agamanya, tidak ditanya tentang fulan dan juga tentang fulan, ini kesalahan mereka (para fanatis). Mereka ini berkata : 'syeikh robi adalah timbangan dan para ulama saat ini semua mengambil (pendapat) darinya', ini adalah kesalahan dikalangan mereka


ﻭﻗﺎﻝ - ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ - : ((ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺭﺑﻴﻊ ﻓﻘﻂ ..!؟ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ؟! ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻛﺜﻴﺮﻭﻥ ، ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻛﺜﻴﺮﻭﻥ ، ﻣﺎ ﻫﻮ ﺧﺎﺹ ﺑﺸﺨﺺ ﻣﻌﻴﻦ ، ﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ، ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺃﻥ ﻳﺘﻌﻠﻤﻮﺍ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺃﻥ ﻳﺴﺄﻟﻮﺍ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﺷﻜﻞ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭ ﻳﺮﺟﻌﻮﺍ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ، ﺃﻣﺎ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ ﺷﺨﺺ : ﻣﻦ ﺃﺣﺒﻪ ﺃﻭ ﻛﺬﺍ ﺃﻭ ﺃﺧﺬ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﻓﻬﻮ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ، ﻭ ﻣﻦ ﺗﺮﻛﻪ ﻓﻬﻮ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ، ﻓﻬﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ))
Beliau berkata : apakah ahlusunnah hanya syeikh robi' saja ?? dan ia dijadikan timbangan !? Apakah ahlusunnah banyak, apakah ahlusunnah banyak, ia tidak khusus terhadap seorang tertentu, ini batil, wajib bagi mereka untuk belajar kitab dan assunnah dan bertanya pada ahlul ilmi apa yang bingung atas mereka dan mengembalikan pada ulama.
Adapun menjadikan timbangan seseorang : siapa yang lebih dicintai atau seperti semisal ini atau mengambil perkataanya maka ia ahlusunnah, dan siapa yang meninggalkannya maka ia ahlul bid'ah, maka ini batil.
ﻭﺳُﺌِﻞ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺮﺍﺟﺤﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ :((ﻭﻣﻦ ﻛﻼﻣﻬﻢ ﻛﺬﻟﻚ ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ : ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ﻣﻘﺪﻡ ﻋﻠﻰ ﺃﻗﻮﺍﻝ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻷﺣﻴﺎﺀ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻌﻠﻢ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭ ﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﻭ ﻧﻘﺪ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ، ﻓﻬﻞ ﻫﺬﺍ ﺻﺤﻴﺢ ؟ ((ﻓﻘﺎﻝ - ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ - :)) ﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ، ﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ، ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭ ﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﻟﻠﻤﺤﺪﺛﻴﻦ ... ﺍﻟﻜﺘﺐ ﺍﻟﺴﺘﺔ ، ﺧﻼﺹ ، ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﺩﺍﻉ ﺍﻵﻥ ، ﺍﻧﺘﻬﻰ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭ ﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ، ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭ ﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﻟﻠﺮﻭﺍﺓ ، ﺭﻭﺍﺓ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ...ﺍﻟﻤﻮﺟﻮﺩ ﺍﻵﻥ ﻏﻴﺒﺔ ﻭ ﻧﻤﻴﻤﺔ ، ﻫﺬﺍ ﻏﻴﺒﺔ ﻭ ﻧﻤﻴﻤﺔ : ﺍﻟﻮﻗﻴﻌﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻭ ﻓﻲ ﻏﻴﺮﻫﻢ ، ﻫﺬﺍ ﻏﻴﺒﺔ ، ﻫﺬﺍ ﻏﻴﺒﺔ ، ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ. ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭ ﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﻟﻠﻤﺤﺪﺛﻴﻦ ... ﻓﻼ ﺣﺎﺟﺔ ﻟﻪ ، ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﺟﺮﺡ ﻭ ﺗﻌﺪﻳﻞ ﺍﻵﻥ ، ﻭ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﺇﻻ ﻏﻴﺒﺔ ﻭ ﻛﻼﻡ ﻓﻲ ﺃﻏﺮﺍﺽ ﺍﻟﻨﺎﺱ ، ﻓﻬﻤﺖ ؟))
((Ditanya pada syeikh arrojihi juga soal ini)) dan dari ucapan mereka demikian mereka berkata : syeikh robi' al madkholi lebih didahulukan dari pendapat semua ulama yang masih hidup pada zaman ini berkaitan dengan jarh wa ta'dil dan menilai seseorang...maka apakah ini benar ??
((Maka beliau hafidzahullah menjawab)) : ini batil, ini batil, jarh wa ta'dil itu digunakan untuk ahli hadits ... Al kitab dan assunnah, (jarh wa ta'dil telah) selesai. tidak ada lagi perpisahan Sekarang. Telah berakhir jarh wa ta'dil. Jarh wa ta'dil itu untuk periwayatan, meriwayatkan hadits... Yang ada sekarang ini ghibah dan namimah. Ini ghibah dan namimah: yang terjadi pada ulama atau selainnya. Ini ghibah, ini ghibah.
tidak boleh mengatakan pada manusia dan juga tidak mengatakan pada ulama. Jarh wa ta'dil itu hanya untuk para ahli hadits. Dan tidak dibutuhkan lagi menggunakannya. Tidak ada jarh wa ta'dil sekarang. Yang ada ghibah dan ucapan dalam menginginkan pada Manusia. Pahamkah kamu ?))
(( ﻓﺴُﺌِﻞ :)) ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺘﺤﺬﻳﺮ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻣﺎ ﺯﺍﻝ ﻣﻮﺟﻮﺩﺍ ، ﺻﺢ ؟ ((ﻓﻘﺎﻝ - ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ - :((ﻧﻌﻢ ... ﺍﻷﺷﺮﺍﺭ ﻭ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻳُﺤَﺬَّﺭ ﻣﻨﻬﻢ ، ﻳﺤﺬﺭ ﻣﻦ ﻋﻘﻴﺪﺓ ﺍﻟﺮﺍﻓﻀﺔ ، ﻋﻘﻴﺪﺓ ﺍﻟﻤﻌﺘﺰﻟﺔ ، ﻋﻘﻴﺪﺓ ﺍﻷﺷﺎﻋﺮﺓ ، ﻋﻘﻴﺪﺓ ﺍﻟﺼﻮﻓﻴﺔ ﺍﻟﻤﻨﺤﺮﻓﻴﻦ ﻳﺤﺬﺭ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻭﻗﺖ ، ﺍﻷﺷﺮﺍﺭ ﻭ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﻳﺤﺬﺭ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻭﻗﺖ))
((Lalu ditanya)) bab tahdzir dari kalangan ahlul bid'ah selalu ada, benarkah ?? ((Lalu menjawab - hafidzahullah-)) benar, orang orang jahat dan ahlul bid'ah maka mereka ditahdzir, ditahdzir dari aqidah rofidhoh, mu'tazilah' asya'iroh' sufiah, mentahdzir mereka orang orang yang menyimpang di tiap waktu, orang jahat dan ahlul bid'ah dan ahlul kufur mereka ini ditahdzir tiap waktu))
.((ﻭﺳُﺌِﻞ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ : ﻫﻢ ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ ( ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﻣﻨﺘﺸﺮ ﺟﺪﺍ ﻓﻲ ﺃﻭﺭﻭﺑﺎ ﻛﻤﺎ ﺗﻌﺮﻓﻮﻥ ) ﻋﻨﺪﻣﺎ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﺜﻼ ﻣﺠﺮﻭﺡ ، ﺗﻜﻠﻢ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ، ﻭ ﻫﻮ ﻣﺰﻛﻰ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺔ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻣﺜﻼ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻤﺤﺴﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ ﺯﻛﺎﻩ ﺃﻭ ﻻ ﺃﻋﺮﻑ ...ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ ﻣﺜﻼ ﺯﻛﺎﻩ ، ﺣﻔﻈﻬﻤﺎ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻫﻢ ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ: ﻧُﻘﺪِّﻡ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺭﺑﻴﻊ ﻷﻧﻪ ﻣﺘﺨﺼﺺ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﻦ.))
ﻓﺄﺟﺎﺏ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺮﺍﺟﺤﻲ - ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ - :(( ﻳﻌﻨﻲ : ﺟﻌﻠﻮﻩ ﺭﺳﻮﻻ !، ﺟﻌﻠﻮﺍ ﺭﺑﻴﻊ ﺭﺳﻮﻻ !، ﺟﻌﻠﻮﻩ ﺭﺳﻮﻻ !، ﻭﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ، ﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ، ﺭﺑﻴﻊ ... ﻳﺨﻄﻲﺀ ﻭ ﻳﺼﻴﺐ ﻭ ﻻ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ ، ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ : ﻛﻼﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﻭ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ، ﻓﻤﻦ ﻗﺎﻝ: ﺍﻟﻤﻴﺰﺍﻥ ﺭﺑﻴﻊ ، ﻫﺬﺍ ﺑﺎﻃﻞ ! ))
((Lalu ditanya beliau)) mereka (para fanatis) berkata : (manhaj ini sangat tersebar...di eropa sebagaimana anda ketahui. Ketika Seorang semisal dijarh yang berbicara didalamnya syeikh robi al madkholi dan ia yang memberi tazkiyah dari pihak lain, seperti syeikh abdul muhsin al abbad mentazkiyahnya atau tidak tahu...syeikh fauzan misalkan mentazkiyah, hafidzahumallah, mereka berkata : pendapat syeikh robi' didahulukan karena beliau orang khusus dalam bidang ini.
Maka dijawab oleh beliau ((yakni, mereka menjadikannya sebagai rosul. Mereka menjadikan robi sebagai rosul, mereka menjadikannya rosul, ini batil, ini batil, robi' ...bersalah dan membawa bencana dan tidaklah ia (dijadikan) timbangan. Timbangan itu : kalamullah, kalamurrosul (assunnah), maka siapa berkata : robi (sebagai) timbangan. Ini batil))
ﺍﻟﺼﻮﺗﻴﺔ ﺑﺘﺎﺭﻳﺦ :
3 ﺷﻌﺒﺎﻥ 1435
1 ﻳﻮﻧﻴﻮ 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar